PUSAT INFORMASI NAGARI PADANG TOBOH ULAKAN | MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI DENGAN MOTTO 5 (LIMA) S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, DAN SANTUN) -- selengkapnya...

Artikel

STUDI TIRU 4 NAGARI KELOMPOK KELUARGA SADAR HUKUM DARI KABUPATEN PESISIR SELATAN

27 Juni 2024 00:17:40  Wali Nagari  9 Kali Dibaca  Berita Desa

Padang Toboh Ulakan_ Kelompok Sadar Hukum 4 Empat) Nagari di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan melakukan Studi Tiru di Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman, 27/6/2024, berjumlah 124 orang yang di ikuti Kelompok Keluarga Sadar Hukum Nagari Tambang, Nagari Gayo, Nagari Limau Gadang dan Nagari Lumpo.

Dalam studi tiru Kadarkum 4 (empat) nagari ini didampingi oleh Tim Penyuluh Hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat (Syafrida, Sylvia Emrin dan Haris Syatyagraha Elfa). Kunjungan ini diterima langsung oleh Camat Ulakan Tapakih (Efinaldi, ST,MT), Wali Nagari Padang Toboh Ulakan (Bakhri) beserta perangkat, Bamus, serta Tokoh Adat Nagari (MZ. Dt. Bungsu Rangkayo Rajo Mangkuto)

Kegiatan ini ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas kelompok keluarga sadar hukum dari 4 nagari di Kecamatan IV Jurai dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai kelompok keluarga sadar hukum. Keluarga sadar hukum (Kadarrkum), Kelompok Kadarkum adalah wadah yang berfungsi menghimpun warga masyarakat yang dengan kemampuan sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya. Untuk mencapai kesadaran hukum masyarakat hal-hal yang disasar antara lain dengan meningkatkan kesadaran hukum dikalangan masyarakat dengan menanamkan kesadaran hukum sejak kecil dengan meningkatkan kesadaran hukum, meningkatkan pemahaman hukum, meningkatkan ketaan hukum dan melakukan sosialisasi keasadaran hukum. Tujuan dibentunya kadarkum agar setiap anggota masyarakat mengetahui meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara seta setiap warga masyarakat memahami dan mentaati hukum yang ada,  arahan tim penyuluhan hukum dalam acara kunjungan studi tiru ini. 

Dalam kesempatan ini tokoh adat Nagari Padang Toboh Ulakan MZ. Dt. Bungsu Rangkayo Rajo Mangkuto, dalam arahannya, bahwa kelompok sadar hukum ini di Minangkabau semenjak dahulu telah ada dengan dibuktikan  telah adanya hukum korong nan bapaga buek nagari tagak jo adaiknyo.

Pada  akhir acara kunjungan pemerintahan Nagari Padang Toboh Ulakan memberikan cendra mata sebuah buku yang berjudul "Babijo makonyo ado, batampang makonyo kambang" yang ditulis Mamak Urang Tuo Nan baulayat MZ. Dt. Bungsu Rangkayo Rajo Mangkuto kepada perwakilan 4 nagari dan tim penyuluh hukum Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Sumatera Barat sebagai kenangan-kenangan dan juga perwakilan kelompok Sadar hukum memberikan plakat dan bingkisan kepada pemerintahan nagari Padang Toboh Ulakan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

SIPAKEM KOMINFO SDGS DESA
DUKCAPIL PRODESKEL SIPADES
KEMENDESA APK SMART NAGARI EPDESKEL

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Arsip Artikel

23 Agustus 2018 | 6.136 Kali
Legenda Dan Sejarah Nagari Padang Toboh Ulakan
29 Juli 2013 | 5.797 Kali
Profi Wilayah Nagari
23 Agustus 2019 | 5.703 Kali
Kontak Kami
24 Juli 2019 | 5.694 Kali
Pemerintah Nagari
07 November 2014 | 5.662 Kali
Pemerintahan Nagari
24 Agustus 2016 | 5.622 Kali
Data Nagari
23 Agustus 2018 | 5.620 Kali
Visi dan Misi Nagari Padang Toboh Ulakan

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jalan Berkat Yakin Korong Kampuang Tangah Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih
Nagari : Padang Toboh Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakih
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : 082173757894
Email : nagaripadangtobohulakan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:19
    Kemarin:97
    Total Pengunjung:43.339
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan