PUSAT INFORMASI NAGARI PADANG TOBOH ULAKAN | MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI DENGAN MOTTO 5 (LIMA) S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, DAN SANTUN) -- selengkapnya...

Artikel

Profi Wilayah Nagari

29 Juli 2013 21:46:44  Administrator  5.793 Kali Dibaca 

PROFIL WILAYAH NAGARI

Nagari adalah kesatuan masyarakat hukum adat yang memiliki batas-batas wilayah tertentu, dan berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul Adat Minangkabau. Sebagai wilayah yang otonom, tingkat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat pada masing-masing Nagari sangat ditentukan oleh masyarakat dan Pemerintahan Nagari yang bersangkutan. Tingkat kemajuan dan kesejahteraan masyarakat tersebut tidak ditentukan oleh melimpahnya sumber daya alam, melainkan ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia.

Terkait dengan kondisi tersebut tentu dibutuhkan Pemerintahan Nagari yang profesional yang bisa menggali dan mengelola berbagai potensi yang ada serta bisa mengayomi semua pemangku kepentingan di Nagari. Peran sentral Pemerintahan Nagari salah satunya terletak pada peran Wali Nagari sebagai unsur pimpinan Pemerintah Nagari. Dengan demikian keberhasilan Nagari sebagai wilayah yang otonom menjadi maju dan sejahtera sangat ditentukan oleh kualitas dan kompetensi Wali Nagari.

Nagari Padang Toboh Ulakan sebelumnya adalah salah satu korong dari 19 Korong yang ada di Nagari Ulakan. Pada tanggal 12 Maret 2012 disepakati oleh masyarakat diusulkan statusnya korong menjadi Nagari. Kemudian keluarlah Perda Kabupaten Padang Pariaman Nomor 1 Tahun 2013 tentang 43 Pemerintahan Nagari di Kabupaten Padang Pariaman. Maka pada tanggal 19 Oktober 2016 diresmikan Nagari Padang Toboh Ulakan oleh Bupati Padang Pariaman.

Dengan adanya pemekaran tersebut, maka terjadi perubahan terhadap batas-batas wilayah administrasi Nagari padang toboh ulakan menjadi 

Secara geografis Nagari Padang Toboh Ulakan merupakan salah satu Desa/Nagari di Kecamatan Ulakan Tapakih yang mempunyai luas wilayah mencapai 174,34 ha. jumlah penduduk 1.470 jiwa. Mata pencarian penduduk mayoritas adalah petani/pekebun dengan persentase 69% seluruh penduduk nagari yang berjumlah 425 KK.

Dengan adanya pemekaran tersebut, maka terjadi perubahan terhadap batas-batas wilayah administrasi Nagari padang toboh ulakan menjadi 

Nagari Padang Toboh Ulakan merupakan salah satu  Nagari dari 8 (delapan) Nagari yang ada di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, Nagari Padang Toboh Ulakan berada pada ketinggian ± 4 meter dari permukaan laut dan rata-rata suhu udara 25º - 30º celcius. Batas-batas Nagari Padang Toboh Ulakan sebagai berikut:

Sebelah Utara              : Nagari Pauh Kambar Kec. Nan Sabaris

Sebelah Timur             :  Nagari Toboh Gadang Barat Kec. Sintoga

Sebelah Selatan          : Nagari Sungai Gimba Kec. Ulakan Tapakis

Sebelah Barat              : Nagari Kampung Gelapung Kec. Ulakan Tapakis

Yang mana Nagari kami secara adat menjunjung tinggi adat serta menjaga keutuhan Ulayat Gadang Babingkah Tanah Ninik Urang Tuo Adat Nan Baulayat Rangkayo Rajo Mangkuto.

Sebagaimana yang telah kami uraikan diatas, bahwa Korong bapaga buek  sebagai perpanjangan kesatuan masyarakat hukum adat karena Korong bapaga buek tersebut sudah tatanan peraturan adat salingka nagari dilaksanakan oleh wali Korong,para labai-labai dan para kapalo mudo yang merupakan pemangku adat, syarak dan undang yang akan mengeksekusi pelanggaran hukum adat nan salingka nagari. Karna adat nan salingka nagari dibuat oleh para pemangku adat (ninik mamak), para pemengku undang (Wali Korong serta Wali Nagari), para pemangku syarak labai-labai bserta pagawainya. Maka dari itu Korong nan bapaga buek menjunjung tinggi adat nan salinka nagari, syarak nan salingka alam dan undang nan salingka Negara. Itulah yang disebut kekuasaan tungku tigo sajarangan dalam Korong nan bapaga buek. Hal ini berlaku semenjak Korong Padang Toboh masa dahulu dan serta nagari Padang Toboh Ulakan hasil pemekaran

Korong Padang Toboh lama setelah menjadi Pemerintahan Nagari secara administrasi dijadikan 5 (lima) Korong yaitu :

  1. Korong Kampung Tangah
  2. Korong Kampung Paneh
  3. Korong Rimbo Aka
  4. Korong Rambai
  5. Korong Koto Jambak

Struktur Korong tersebut masih menggabungkan tatanan Pemerintahan Nagari dengan tatanan adat yaitu adanya tungku tigo sajarangan sebagai pengayom, pelayan dan sekaligus penjaga pengaturan adat, syarak dan undang yaitu :

  1. Wali Korong sebagai raja alam,
  2. Labai sebagai raja ibadat, dan
  3. Kapalo Mudo sebagai raja adat.

Ketiga orang tersebut taduah dikajangi tagok dikabekan oleh kami Pemerintahan Nagari Padang Toboh Ulakan dan Ninik Urang Tuo Adat Nan Baulayat Rangkayo Rajo Mangkuto.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

SIPAKEM KOMINFO SDGS DESA
DUKCAPIL PRODESKEL SIPADES
KEMENDESA APK SMART NAGARI EPDESKEL

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Arsip Artikel

23 Agustus 2018 | 6.118 Kali
Legenda Dan Sejarah Nagari Padang Toboh Ulakan
29 Juli 2013 | 5.793 Kali
Profi Wilayah Nagari
23 Agustus 2019 | 5.690 Kali
Kontak Kami
24 Juli 2019 | 5.688 Kali
Pemerintah Nagari
07 November 2014 | 5.657 Kali
Pemerintahan Nagari
24 Agustus 2016 | 5.617 Kali
Data Nagari
23 Agustus 2018 | 5.611 Kali
Visi dan Misi Nagari Padang Toboh Ulakan

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jalan Berkat Yakin Korong Kampuang Tangah Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih
Nagari : Padang Toboh Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakih
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : 082173757894
Email : nagaripadangtobohulakan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:26
    Kemarin:46
    Total Pengunjung:40.800
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan