PUSAT INFORMASI NAGARI PADANG TOBOH ULAKAN | MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI DENGAN MOTTO 5 (LIMA) S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, DAN SANTUN) -- selengkapnya...

Artikel

SOSIALISI PROGRAM PERTANIAN CERDAS IKLIM

21 Juni 2024 17:31:35  Wali Nagari  20 Kali Dibaca  Berita Desa

Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Energi Terbarukan

Padang Toboh Ulakan, Perubahan iklim secara global telah menjadi salah satu tantangan terbesar terutama bagi sektor pertanian, yang berdampak pada ketahanan pangan. Di Nagari Padang Toboh Ulakan, dampak perubahan iklim seperti curah hujan yang tidak menentu, suhu yang meningkat, dan serangan hama yang semakin sering sudah mulai dirasakan oleh masyarakat.Karena sebagian besar penduduk di nagari ini menggantungkan hidup pada sektor pertanian, baik sebagai petani maupun peternak.

Pada hari Jum'at 21/06/2024 dilaksanaakan Sosialisasi Program Pertanian Cerdas Iklim yang dikuti 30 orang peserta dari Kelompok Tani dan Kelompok ternak yang ada di Nagari Padang Tomboh Ulakan. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Padang Pariaman, Camat Ulakan Tapakih, DPPU Pertamina Bandara Internasional Minang Kabau Padang Pariaman, Tim PKBI Sumatera Barat, Wali Nagari Padang Toboh Ulakan beserta perangkat Nagari Bamus dan Tokoh Masyarakat.

Sosialisasi ini terselenggara atas kerja sama Pemerintahan Nagari Padang Toboh Ulakan dengan PKBI Sumatera Barat dan DPPU Pertamina Bandara Internasional Minang Kabau.

Dalam sosialisasi ini tim PKBI Sumbar memaparkan Program Pertanian Cerdas Iklim Merupakan pendekatan integratif yang menggabungkan teknologi dan praktik pertanian yang adaptif terhadap perubahan iklim, untuk mencapai tiga tujuan utama:

1.  Meningkatkan Produktivitas, Meningkatkan hasil pertanian dengan cara yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat tanpa merusak sumber daya alam.

2. Meningkatkan ketahanan pangan, Mengembangkan ketahanan pertanian terhadap perubahan iklim dan cuaca ekstrem, seperti penggunaan varietas  tanaman tahan terhadap iklim dan pengelolaan air yang efisien.

3. Mitigasi Emisi, Mengurangi emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatanpertanian. Ini bisa dicapai melalui praktik pertanian yang lebih ramah lingkungan, seperti pengelolaan pupuk yang efisien, penguranganpembakaran lahan, dan pengembangan energi terbarukan di sektor pertanian.

Dalam pelaksanaan sosialisasi ini untuk melaksanakan Program CSR DPPU Pertamina  BIM  tentang Program Pertanian Cerdas Iklim meningkatkan Ketahanan Pangan dan energi terbarukan di Nagari Padang Toboh Ulakan dengan  tujuan :

1. Meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan masyarakat dan kelompok untuk penerapan Pertanian Cerdas Iklim untuk dapat meningkatkan ketahanan pangan dan pemanfaatan energi terbarukan.

2. Memperkuat kelompok masyarakat tani dan ternak untuk menerapkan pertanian cerdas iklim dalam miningkatkan ketahanan pangan dan pemafaatan energi terbarukan 

3. Memberikan pendampingan untuk penyusunan rencana kerja kelompok masyarakat dalam progran Pertanian cerdas iklim dalam meningkatkan ketahanan pangan dan pemafaatan energi terbarukan.

Output Program 

1. Peningkatan  kesadaran  dan  pemahaman  tentang  Pertanian  Cerdas Iklim (PCI) dan energi terbarukan

2. Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Tani dan Ternak  Peningkatan adopsi praktik PCI

3. Peningkatan pemanfaatan energi terbarukan

Rencana Kerja Selama 6 bulan 

1. Diskusi  untuk  meningkatkan  pemahaman  dan  kesadaran  masyarakat untuk  menerapkan pertanian cerdas iklim.

  • Penyampaian  rencana  program  Pertanian  Cerdas  Iklim:  Meningkatkan  Ketahanan Pangan dan Energi pada Masyarakat di Nagari Padang Toboh Ulakan.
  • Penyusunan rencana kerja kelompok yang bersifat partisipatif dan berkelanjutan.

2. Pelatihan peningkatan Kapasitas untu Pembuatan Biogas.

3. Penyediaan Infrastruktur 

4. Advokasi kebijakan yang mendukung program pertanian cerdas iklim untuk meningkatkan ketahanan pangan dan energi terbarukan 

5. Monev penerapan pertanian cerdas iklim dalam meningkatkan Ketahanan Pangan dan Energi Terbarukan 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

SIPAKEM KOMINFO SDGS DESA
DUKCAPIL PRODESKEL SIPADES
KEMENDESA APK SMART NAGARI EPDESKEL

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jalan Berkat Yakin Korong Kampuang Tangah Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih
Nagari : Padang Toboh Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakih
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : 082173757894
Email : nagaripadangtobohulakan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:94
    Kemarin:91
    Total Pengunjung:43.317
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan