PUSAT INFORMASI NAGARI PADANG TOBOH ULAKAN | MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI DENGAN MOTTO 5 (LIMA) S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, DAN SANTUN) -- selengkapnya...

Artikel

Menuju Nagari Penghasil Padi Organik, Nagari Mengadakan Pelatihan Penanaman Padi'Organik

08 September 2022 23:17:52  Wali Nagari  191 Kali Dibaca  Berita Desa

Padang Toboh Ulakan - Dalam rangka pengembangan Padi Organik dinagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih. Pemerintah Nagari untuk meningkatkan ketahanan pangan  menyelenggarakan Sekolah Lapang Padi Organik yang bertempat di Kantor Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Senin 08/09/2022 dengan jumlah peserta 20 orang dari perwakilan kelompok tani di nagar Padang Toboh Ulakan.

Pada acara pelatihan ini yang dipandu oleh Camat Ulakan Tapakih,  Koordinator BPP bersama PPL se Kecamatan Ulakan Tapakih serta LSM Perkumpulan Keluarga Berencana Indonsesia (PKBI) Sumatera Barat secara Bersama sama memandu dan melatih tentang teknis dan tahapan Pertanian Padi Organik baik diruangan belajar maupun dengan praktek di Lapangan agar kedepan seluruh peserta memahami bagaimana tehnik menanam padi organik.  Sehingga akan mampu menaikan harga pangan yang dihasilkan disamping itu yang juga sangat penting adalah menghasilkan pangan yang sehat dikonsumsi serta lingkungan tetap lestari. 

Dalam kegiatan pelatihan ini hadir Camat Ulakan Tapakih, Tim dari PKBI Sumatera Barat, Wali Nagari beserta perangkat, Bamus dan Unsur lembaga nagari.

Dalam pembukaan pelatihan Wali nagari Padang Toboh Ulakan dihadapan peserta melaporkan maksud, Tujuan dan Sasarannya adalaht, 1. tersedianya acuan pelaksanaan kegiatan pengembangan nagari padi organik, 2. meningkatnya, pengetahuan, keterampilan dan sikap petani guna mempercepat penerapan organik padi, 3.  Tujuan pengembangan Nagari Pertanian organik padi bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas produksi padi nasional dan pendapatan pelaku usaha tani

Dan kita nantinyaTerlaksananya penerapan pengembangan pertanian organik padi di 5 Korong dinagari Padang Toboh Ulakan mengakhiri laporannya.

Waktu pelaksanaan sekolah lapangan ini adalah 5 kali pertemuan dengan rentang waktu sekali dalam 15 hari yang dimulai tanggal 08/09/2022. Dalam pertemuan kita akan melakukan pembelajaran tiori dan praktek lapangan. Untuk pemberian materi dilaksanakan dikantor wali nagari dan praktek lapangan disawah Yusrizal acuang.

Camat Ulakan Tapakih Emri Nurman, S.STP.MM dalam sambutannya sekaligus membukanya pelatihan secara resmi  mengatakan bahwa Wali Nagari Padang Toboh Ulakan sangat memperhatikan kebutuhan masyarakat dibidang pertanian kenapa demikian penduduk disini mayoritas mata pencaharian petani sawah. 

Dan juga beberapa program pemerintah lainnya beliau juga sangatlah pro aktif sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik tukasnya.

Pada akhir pertemuan dilaksanakan tata cara memakai pupuk organik karena pada pertemuan kedua akan dilaksanakan praktek menanam padi organik dengan sistim tanam Jarwo.(ba@)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

SIPAKEM KOMINFO SDGS DESA
DUKCAPIL PRODESKEL SIPADES
KEMENDESA APK SMART NAGARI EPDESKEL

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Arsip Artikel

23 Agustus 2018 | 6.118 Kali
Legenda Dan Sejarah Nagari Padang Toboh Ulakan
29 Juli 2013 | 5.793 Kali
Profi Wilayah Nagari
23 Agustus 2019 | 5.690 Kali
Kontak Kami
24 Juli 2019 | 5.688 Kali
Pemerintah Nagari
07 November 2014 | 5.657 Kali
Pemerintahan Nagari
24 Agustus 2016 | 5.617 Kali
Data Nagari
23 Agustus 2018 | 5.611 Kali
Visi dan Misi Nagari Padang Toboh Ulakan

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jalan Berkat Yakin Korong Kampuang Tangah Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih
Nagari : Padang Toboh Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakih
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : 082173757894
Email : nagaripadangtobohulakan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:32
    Kemarin:46
    Total Pengunjung:40.806
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan