PUSAT INFORMASI NAGARI PADANG TOBOH ULAKAN | MELAYANI MASYARAKAT DENGAN SEPENUH HATI DENGAN MOTTO 5 (LIMA) S (SALAM, SENYUM, SAPA, SOPAN, DAN SANTUN) -- selengkapnya...

Artikel

Pelatihan Berbasis Kompetensi Jurusan Pengelasan SMAW Di Nagari Padang Toboh Ulakan Tahun 2019

29 November 2019 21:20:29    377 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia, Pemerintahan Nagari Padang Toboh Ulakan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab. Padang Pariaman melalui UPTD BLK Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Jurusan Pengelasan SMAW. Pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) adalah pengelasan yang menggunakan elektroda (kawat las) terbungkus yang ikut mencair sekaligus sebagai bahan pengisi panas berasal dari adanya busur atau semburan listrik yang menyebabkan elektroda dan logam melebur secara bersamaan.

Pembukaan pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2019 di Kantor Wali Nagari Padang Toboh Ulakan. Acara ini dihadiri oleh Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab. Padang Pariaman, UPTD BLK Kab. Padang Pariaman, Camat Ulakan Tapakis, Wali Nagari Padang Toboh Ulakan dan Perangkat Nagari Padang Toboh Ulakan, Instruktur serta seluruh perserta pelatihan.

Gambar 1. Pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Jurusan Pengelasan SMAW

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab. Padang Pariaman yang diwakili oleh Ibu Adek Maghdalena, ST selaku sekretaris DISDAGNARKEKOP dan UKM Kab. Padang Pariaman. “semoga pelatihan dapat ini dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh masyarakat, terutama pemuda-pemuda agar mampu meningkatkan kompetensi diri dan bisa meningkatkan taraf hidup di masa depan”. Harapan dari Ibu Adek Maghdalena, ST saat membuka acara pelatihan.

Maksud dan Tujuan Pelatihan ini adalah :

  1. Meningkatkan kompetensi angkatan kerja
  2. Meningkatkan kemampuan angkatan kerja dalam memahami dan mengimplementasikan kompetensinya
  3. Meningkatkan kualitas dan produktifitas angkatan kerja

Pelatihan Berbasis Kompetensi Jurusan Pengelasan SMAW ini dilaksanakan selama 30 kali pertemuan (240 JP) mulai dari  tanggal 16 Oktober sampai 20 November 2019 yang bertempat Kantor Wali Nagari Padang Toboh Ulakan.

Jumlah Peserta 16 Orang yang berasal dari nagari-nagari disekitar Kecataman Ulakan Tapakis, Kecamatan Nan Sabaris dan Kecamatan Sintuk Toboh Gadang. Setiap peserta mendapatkan ATK, Modul Pelatihan, Bahan Pelatihan,  Pakaian Kerja, uang transport, asuransi jiwa, dan konsumsi selama pelatihan. Metode Pelaksanaan pelatihan adalah teori, praktek, diskusi dan tanya jawab.

Selama 30 Hari pelatihan peserta sudah mampu menghasilkan beberapa produk antara lain seperti rak bunga, kursi ruang tuggu, rak buku, pagar kantor, tempat gantungan baju dan produk sejenis lainya.

Hasil Karya Peserta Pelatihan Pengelasan SMAW

Gambar 2. Salah Satu Karya Peserta Pelatihan Jurusan Pengelasan SMAW di Nagari Padang Toboh Ulakan

Pada hari Kamis tanggal 28 November 2019, dilakukan acara  penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi Jurusan Pengelasan SMAW bertempat di Kantor Wali Nagari Padang Toboh Ulakan. Acara penutup ini dihadiri oleh Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab. Padang Pariaman, UPTD BLK Kab. Padang Pariaman, Camat Ulakan Tapakis, Wali Nagari Padang Toboh Ulakan, Bamus Nagari Padang Toboh Ulakan, Instruktur dan seluruh peserta pelatihan.

Gambar 3. Penyerahan Sertifikat secara simbolis

“Terima kasih kepada UPTD BLK Kab. Padang Pariaman telah bekerjasama dengan Pemerintah Nagari Padang Toboh Ulakan untuk menyelenggarakan pelatihan ini, terima kasih juga kepada instruktur yang telah datang ke nagari kami hampir setiap hari untuk memberikan ilmu kepada peserta, semoga pemuda-pemuda nagari kami bisa mengembangkan ilmu yang telah diperoleh dengan maksimal. Selain itu, nagari juga akan membantu dan mendukung bagi pemuda-pemuda yang memiliki kemauan untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapat melalui Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag)” Ungkap Bapak Bakhri selaku Wali Nagari Padang Toboh Ulakan saat memberikan kata sambutan di acara penutupan pelatihan.

Gambar 4. Foto Bersama UPTD BLK Kab. Padang Pariaman, Camat Ulakan Tapakis, Wali Nagari dan Bamus Nagari Padang Toboh Ulakan, Instruktur dan Seluruh Peserta Pelatihan.

Wali Nagari Padang Toboh Ulakan juga berharap dapat berkerjasama kembali dengan BLK Kab. Padang Pariaman untuk menyelenggarakan pelatihan lainnya bagi pemuda-pemudi di Nagari Padang Toboh Ulakan pada tahun depan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Statistik Penduduk

Agenda

Sinergi Program

SIPAKEM KOMINFO SDGS DESA
DUKCAPIL PRODESKEL SIPADES
KEMENDESA APK SMART NAGARI EPDESKEL

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Arsip Artikel

23 Agustus 2018 | 6.118 Kali
Legenda Dan Sejarah Nagari Padang Toboh Ulakan
29 Juli 2013 | 5.793 Kali
Profi Wilayah Nagari
23 Agustus 2019 | 5.690 Kali
Kontak Kami
24 Juli 2019 | 5.689 Kali
Pemerintah Nagari
07 November 2014 | 5.657 Kali
Pemerintahan Nagari
24 Agustus 2016 | 5.617 Kali
Data Nagari
23 Agustus 2018 | 5.611 Kali
Visi dan Misi Nagari Padang Toboh Ulakan

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jalan Berkat Yakin Korong Kampuang Tangah Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih
Nagari : Padang Toboh Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakih
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon : 082173757894
Email : nagaripadangtobohulakan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:56
    Kemarin:46
    Total Pengunjung:40.830
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Tidak ditemukan